Sabtu, 17 April 2010

Mengenang Sinetron Keluarga Cemara


Melihat perkembangan sinetron sekarang, semuanya hanya membahas mengenai cinta, warisan, saling membenci, saling menjatuhkan dan lain-lain. Tapi masih ingatkah kita dengan sinetron beberapa tahun silam, sinetron yang menceritakan mengenai keluarga yang sederhana tapi selalu dipenuhi rasa syukur atas hidup mereka. Ayo tebak, sinetron apa?! Yach, bener. Sinetron itu adalah sinetron Keluarga Cemara. Sinetron yang sungguh berbanding terbalik ya dengan sinetron sekarang.

Mengulas sedikit mengenai sinetron Keluarga Cemara, sinetron ini diangkat dari buku yang berjudul sama yaitu Keluarga Cemara yang dikarang oleh Arswendo Atmowiloto. Cerita dan skenario di sinetron ini pun juga ditulis oleh beliau. Tokoh utama di sinetron itu antara lain Abah yang diperankan oleh Adi Kurdi, Ema (Emak) yang diperankan oleh Anneke Puteri, Euis (anak pertama) yang diperankan oleh Ceria Hade, Ara/Cemara (anak kedua) yang diperankan oleh Anisa Fujianti, dan Agil (anak ketiga) yang diperankan oleh Puji Lestari.

Di dalam sinetron ini, kelima tokoh ini memerankan kisah keluarga yang sederhana dimana Abah hanyalah seorang tukang becak yang sangat bijaksana dalam membimbing keluarganya. Emak yang penuh rasa tanggung jawab menjalankan kewajibannya membesarkan anak-anaknya. Dan ketiga anak yang sangat berbakti kepada orang tuanya.

Di sinetron ini mengajarkan kepada kita bahwa kita harus mensyukuri apapun yang sudah didapat. Sinetron ini menyadarkan kita bahwa yang membuat kita bahagia hidup di dunia bukanlah harta ataupun jabatan, namun yang lebih penting adalah keluarga yang bahagia, rukun dan sejahtera. Keluarga yang saling mendukung, saling menguatkan, saling menjaga dan saling melindungi satu dengan yang lain. Ada kerinduan di dalam hati ingin melihat kembali sinetron seperti itu ditengah membanjirnya sinetron jaman sekarang yang saling berebutan mengenai harta. Kapankah sinetron semacam itu akan kembali tayang di depan layar televisi kita?!

Ini ada lirik Lagu Keluarga Cemara (maaf bila ada yang salah) :

Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga

Selamat pagi emak, selamat pagi abah
Mentari hari ini berseri indah
Terima kasih emak, terima kasih abah
Restu sakti perkasa bagi kami putra-putri yang siap berbakti

Download Lagu Keluarga Cemara


4 komentar:

  1. keluarga pohon pisang da ga wis????????
    kkkkkkk

    BalasHapus
  2. smoga ada stasiun tv yang mau nayangin uLNG SINETRON KELUARGA CEMARA AMIN..

    BalasHapus
  3. iya neh, kangen dengan sinetron yg satu ini.

    BalasHapus